Cara Kerja Mesin 4 Tak


Fungsi dasar mesin atau engine adalah untuk mengkonversi energi kimia menjadi energi mekanikal
Mesin 4 tak merupakan jenis mesin yang paling populer karena efisiensinya. Disebut 4 tak karena ada 4 langkah di setiap siklusnya.
Langkah pertama adalah hisap, langkah ini bertujuan untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar ke ruang bakar. Langkah ini diawali dengan bergeraknya piston dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah,  dengan kondisi katup buang (exhaust valve) tertutup, dan katup masuk (intake valve) terbuka. Gerakan piston Menyebabkan tekanan di ruang bakar berkurang, sehingga campuran udara &bb dari atmosfir yang bertekanan lebih tinggi tertarik ke dalam ruang bakar.
Langkah kedua adalah tekan atau kompresi, langkah ini diawali dengan tertutupnya intake valve, dibarengi dengan bergeraknya piston dari titik mati bawah ke titik mati atas.  Campuran Udara dan bahan bakar yang terjebak di ruang bakar mengalami penurunan volume, mengakibatkan naiknya tekanan dan suhu. sesaat sebelum piston mencapai tma, busi menyalakan bunga api, mengakibatkan di mulainya proses pembakaran
Langkah ketiga adalah ekspansi, atau bertambahnya volume ruang bakar. diawali dengan ledakan yang menyebabkan piston terdorong kembali ke titik mati bawah, langkah ini disebut juga langkah power, dimana energi kimia pada bahan bakar berubah menjadi gerakan.
Pada langkah kompresi dan ekspansi, kedua katup (intake & Exhaust Valve) dalam keadaan tertutup)
Langkah ke empat adalah buang atau exhaust, diawali dengan terbukanya katup buang (exhaust valve) dibarengi bergeraknya piston ke titik mati atas, menyebabkan udara sisa pembakaran terbuang ke luar.
Jadi 4 langkah itu adalah hisap, tekan, ekspansi, buang, lalu kembali lagi ke langkah hisap dan begitu seterusnya,
langkah2 ini terjadi sangat cepat, jika mesin berputar pada 1000 rpm, berarti siklus 4 tak ini terjadi sebanyak 500 kali dalam 1 menit.

Postingan Populer