Cara Kerja Mesin 2 Tak


Mesin 2  tak adalah salah satu mesin yang paling populer karena konstruksinya yang sederhana, sehingga dapat diproduksi secara mudah dan murah. Mesin 2 tak ini tidak memakai klep (valve) dan noken as (camshaft). Keunggulan ini membuat mesin 2 tak menjadi ringan dan lebih murah untuk diproduksi.


Disebut 2 tak karena ada dua langkah di setiap siklusnya, dan terjadi 2 proses pada setiap langkahnya. Langkah yang pertama adalah bergeraknya piston dari titik mati bawah (TMA) ke Titik mati atas atau TMB, pada langkah ini, terjadi penurunan tekanan pada crankcase (ruang bagian bawah piston), sehingga campuran bahan bakar, udara dan oli samping terhisap masuk kedalam crankcase. Di saat yang bersamaan, ketika piston menutup saluran buang (exhaust port), di bagian atas piston, terjadi kompresi karena menurunnya volume ruang bakar, sehingga campuran bahan bakar, udara dan oli mengalami kenaikan tekanan dan temperatur. Dan sesaat sebelum pistom mencapai TMA busi mengeluarkan percikan api, menyebabkan dimulainya langkah kedua.


Pada langkah kedua,terjadi pembakaran/ledakan di ruang bakar, menghasilkan tekanan yang sangat besar menyebabkan terdorongnya piston dari TMA ke TMB. Gerakan piston menyebabkan kenaikan tekanan pada crankcase, sehingga, ketika transfer port terbuka, campuran udara, bahan bakar dan oli yang ada di bagian bawah piston terdorong masuk ke ruang bakar melalui transfer port. Campuran udara, bahan bakar dan oli, yang masuk keruang bakar akan mendorong sisa pembakaran keluar, selanjutnya kembali lagi ke langkah pertama, dimana piston bergerak dari TMB ke TMA dan terjadi proses Hisap dan tekan.

Jadi langkah pertama adalah hisap dan kompresi, dan langkah kedua adalah ekspansi dan buang. Siklus ini terjadi sangat cepat, jika mesin berputar pada 1000 rpm, maka siklus ini juga terjadi sebanyak 1000 kali dalam satu menit,

mesin 2 tak memiliki keunggulan teknis berupa bobot yang ringan, karena tidak memiliki camshaft dan valve, juga memiliki tenaga yang besar, karena menghasilkan tenaga di setiap putaran mesin.

Postingan Populer